Khasiat Madu Dalam Islam Yang Mampu Mengobati Beragam Penyakit

Khasiat Madu Dalam Islam Yang Mampu Mengobati Beragam Penyakit

Madu menawarkan beragam manfaat untuk kesehatan yang sudah teruji secara klinis. Selain terbukti secara ilmiah, mengkonsumsi madu juga dianggap baik karena sejalan dengan ajaran dalam Islam. Ajaran untuk konsumsi madu juga terdapat di dalam Alquran dan sesuai dengan sunah Nabi Muhammad SAW.

Ustaz Febri Sugianto menjelaskan khasiat madu terdapat dalam Alquran Surat An Nahl ayat 68-69.

"Madu sudah jelas terdapat dalam surat An Nahl ayat 68-69. Kalau bahasa dalam Alquran, maka madu itu terbagi tiga yakni ada madu gunung; madu hutan; dan hasil ternak manusia," kata Febri dalam peluncuran varian Madu dan Habbatussauda Lifebuoy, di Jakarta, Rabu (20/11).

Dalam ayat tersebut dijelaskan madu merupakan obat yang dapat menyembuhkan bagi manusia. Madu merupakan satu dari empat asy syifa atau penyembuh penyakit yang terdapat di Alquran.

"Asy syifa dalam Alquran itu ada  empat, satu wujudnya madu, tiga lagi adalah Alquran itu sendiri," ungkap Febri yang mendalami ilmu mengenai herbal.

Selain tertulis dalam Alquran, madu sendiri juga lekat hubungannya dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW. Madu merupakan minuman rutin yang dikonsumsi sang Rasulullah setiap hari. Madu disebut sebagai kunci hidup sehat Nabi Muhammad.

"Apa yang menyebabkan Nabi (hidup) sehat, karena setiap bangun sebelum masuk apapun, selalu konsumsi madu. Dicampur dua sendok makan madu dengan sedikit air hangat," ucap Febri yang juga mengisi program Islam itu Indah.

Secara klinis, Febri menjelaskan madu dapat berfungsi sebagai prebiotik yang baik untuk  pencernaan dan pengganti enzim saat sedang tidur. Madu juga dapat mengubah karakter air menjadi alkali yang baik untuk pencernaan.

Semasa hidup, Nabi Muhammad hanya pernah dua kali merasa sakit. Sakit tersebut tidak datang dari dalam tubuhnya melainkan karena sihir dan racun.

Madu juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari kuman penyakit. Madu juga terbukti dapat menghilangkan rasa nyeri 10 kali lipat lebih baik daripada morfin.

Menurut Febri, manfaat madu berasal dari lebah yang diciptakan oleh Allah untuk mencari bahan-bahan yang baik.

Berikut adalah pembahasan mengenai khasiat madu oleh Ust. Khalid Bassalamah:




Penutup

Demikianlah ulasan singkat dari saya mengenai khasiat madu yang memang pada dasarnya merupakan obat yang tertulis dalam Al Quran.

Semoga dapat bermanfaat, akhir kata saya ucapkan terimakasih dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya.
AkhdaN
AkhdaN Seorang blogger pemula.

No comments for "Khasiat Madu Dalam Islam Yang Mampu Mengobati Beragam Penyakit"